Post Page Advertisement [Top]


Google baru saja meluncurkan dua aplikasi yang didesain berdasarkan hasil studi pengguna di Indonesia, yaitu Google Go dan Files Go. Google Go adalah aplikasi penelusuran Google hemat kuota untuk smartphone Android dengan keterbatasan Internet dan Wi-Fi.

Sementara Files Go adalah aplikasi untuk mengirim dan menerima file tanpa menggunakan internet, serta membantu merapikan penyimpanan file (storage) di smartphone Android anda dengan lebih cepat.  

Google menuturkan aplikasi ini dibuat untuk bekerja lebih cepat pada smartphone dengan RAM rendah dan jaringan internet 2G. Berdasarkan riset Google di 170 kota yang tersebar di Indonesia dan India, pengguna baru internet cenderung menggunakan smartphone sederhana dengan kapasitas memori antara 512 MB hingga 1 GB. 

Mereka juga kerap mengakses internet di tempat-tempat dengan kualitas jaringannya tidak stabil. Google Go dibuat untuk bekerja lebih cepat pada ponsel dengan RAM rendah dan jaringan Internet 2G.  Google Go hadir dengan tampilan ketuk-antar muka, yang memberikan kemudahan dalam mengakses informasi. 

Google Go bahkan hanya memakan slot memori 5MB. Berkat pengembangan inovasi Google untuk teknologi komperesi ponsel, anda bisa menghemat kuota hingga 40 persen saat menelusuri informasi dengan Google Go.  Sedangkan, aplikasi Files Go didesain untuk mempermudah pengguna dalam mengatur dan membersihkan slot penyimpanan file pada smartphone Android.

Aplikasi ini secara otomatis memberi rekomendasi akan file yang bisa dihapus dari smartphone, seperti misalnya aplikasi yang sudah lama tak digunakan, kumpulan foto-foto serupa yang terulang, atau video beresolusi rendah. 

Anda juga dapat melakukan transfer file dari smartphone milik sendiri ke smartphone seseorang dalam jarak dekat. Proses transfer file ini terenkripsi, cepat (hingga 125 Mbps), dan sama sekali tidak menggunakan kuota data.  Google Go tersedia di Play Store dalam versi pratinjau (preview) untuk pengguna di Indonesia dan India. Sementara Files Go tersedia secara global untuk smartphone dengan OS minimal Android 5.0 (Lollipop).

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]